popular 1

Batu: Kids-friendly Destination, Kota Wisata Yang Sarat Edukasi

Event

20 November 2020

19 views

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. 

         Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-2.000 meter dan ketinggian rata-rata yaitu 871 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 11-19 derajat Celcius.

         Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Batu, yakni Ilham Adilia mengatakan, dalam menyambut kedatangan wisatawan dengan bekerjasama atau pun bersinergi dengan semua pelaku industri pariwisata. Kerjasama yang dilakukan dalam hal membangkitkan pariwisata di Kota Batu agar pulih kembali dengan tetap menerapkan metode protocol kesehatan.

         Selain itu, DPC HPI juga melakukan konsolidasi dengan Pemerintah terkait perkembangan kesiapan pemerintah. Konsolidasi ini dilakukan baik dengan Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Hal tersebut membahas mengenai kebijakan-kebijakan yang mendukung kemudahan kegiatan wisata di Kota Batu.

         Kota Batu yang identic dengan wisata untuk anak-anak disebabkan banyaknya objek atau tempat wisata yang bersifat edukasi baik melalui metode tradisional maupun modern. Sehingga, anak-anak dapat berlibur sambil belajar melalui objek atau tempat wisata tersebut.

         Strategi yang dilakukan oleh Koordinator Genpi Malang, Devi Rusady di masa pandemic seperti ini, strategi yang dilakukan dalam mempromosikan Kota Batu melalui media digital. Devi menilai bahwa branding yang tepat dilakukan oleh Kota Batu melalui personal branding dari setiap masyarakat di Kota Batu dalam menyambut wisatawan.

         Senada dengan Devi, Duta Pariwisata Kota Batu, Prissy Prakista Aminanda juga mengamini bahwa branding yang tepat untuk Kota Batu dimulai dari masyarakatnya. Personal branding yang dimiliki oleh setiap masyarakat Kota Batu dapat menaikan citra positif untuk daerah tersebut dimata wisatawan.

         Potensi wilayah yang dimiliki oleh Kota Batu sebagai Kota wisata yang dapat bersaing di kancah internasional. Potensi tersebut dapat dilihat dari wisata alam yang indah disuguhkan oleh Kota Batu. Hal tersebut pun mendapatkan pengakuan dari bangsa Belanda yang menjulukinya sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

         Selain keindahan alamnya, Kota Batu memiliki potensi wisata melalui budayanya. Di Kota Batu sendiri memiliki budaya khas lokal yang disebut sebagai bandrengan. Situs sejarah yang dimiliki Kota Batu juga dapat berpotensi menjadi wisata sejarah.

         Di masa pandemic seperti saat ini, Kota Batu tetap membuka berbagai tempat wisatanya, tak terkecuali objek wisata untuk anak-anak. Ada tantangan tersendiri dalam menghadapi anak-anak yang sulit untuk menerapkan protokol kesehatan ketika sedang berwisata. Kuncinya ketika anak tersebut tidak memakai masker, maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke tempat wisata tersebut.

         Kota Batu yang dikenal sebagai wisata untuk anak-anak benar adanya. Hal tersebut terjadi karena banyaknya objek atau tempat wisata di Kota Batu sarat edukasi. Sehingga sangat cocok untuk anak-anak datang berwisata ke Kota Batu.

Tag:

About Author

Get article insights sent directly to your inbox

By entering your email, you agree to receive this and other marketing content about ways Kreen can support your events. You may opt-out of future Kreen marketing emails at any time using the unsubscribe link within the email.