popular 1

Dari Meretas Nilai Ujian Daring sampai Mimpi untuk Meraih OCSP

Event

19 November 2020

25 views

Danang Tri Atmaja mulai menjadi pemburu cacat aplikasi (bug hunter), sejak Maret 2019. Namun, untuk dunia hacking (peretasan), ia sudah menyelaminya sejak sekolah menengah kejuruan (SMK) dan ketertarikannya dipengaruhi oleh sang kakak dan teman-teman yang juga menggeluti dunia komputer.


Meski belajar autodidak, ia juga sempat menjadi pengajar di sekolah independen, Sekolahhacker.com. Berbekal ilmu yang dipelajari secara autodidak pula, ia berhasil menjadikan sekolah sebagai sasaran aktivitas hacking-nya; berhasil mengubah nilai saat ujian daring (online) di SMK-nya.


Pada awalnya, ia mengagumi sosok atasan di kantor bernama Mohammad Ali Syarief. Beliau lah yang pertama kali mengajarkan padanya mengenai aktivitas seorang bug hunter. Sosok lain bernama alias Rootbakar juga menjadi inspirasi Danang. Melihat pencapaian sang atasan yang berhasil masuk Hall of Fame Google, ia pun penasaran dan kian tertantang.


Setelah belajar banyak dengan sang atasan, ia memulai dengan membuat laporan bug lewat platform belanja daring OLX.co.id. Selanjutnya, saat berhasil menemukan kerentanan di Tokopedia pada 2 Mei 2019 dan beberapa setelahnya hingga tiga kali, barulah jerih payahnya menghasilkan pundi-pundi dan sertifikat.


Sejumlah penghargaan telah mencapai tangannya, mulai dari Microsoft, Google, Nokia, Philips, Intel, Lenovo, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Tidak hanya itu, HackerOne—platform bug bounty asal Singapura, Bugcrowd (platform keamanan crowdscource), CyberArmy ID (perusahaan keamanan siber), Kaskus (forum internet), Bhinneka (toko daring elektronik), dan Tokopedia (pasar daring) pun pernah menjadi sejarahnya dalam menerima penghargaan.


Cacat aplikasi terbaru hasil temuannya ialah pada Instagram, platform media sosial milik Facebook Inc. Berkat jasanya, ia menerima US$ 500 dari Facebook Inc pada 4 Juni 2020 lalu.


Saat ini, sehari-hari Danang bekerja sebagai IT Security Consultant di PT. JUKE SOLUSI TEKNOLOGI, salah satu perusahaan teknologi informasi (TI) di Jakarta.


PT. JUKE SOLUSI TEKNOLOGI adalah penyedia solusi IT terkemuka yang berfokus pada Big Data Solutions, Data Analytics, Business Intelligence, Data Infrastructure, dan Storage Management. Didirikan pada tahun 2012, PT. JUKE SOLUSI TEKNOLOGI telah berkembang secara signifikan hingga saat ini (https://www.jukesolutions.com/about-us/).


Juga didukung oleh tim teknis yang sangat terampil dan terbukti, PT. JUKE SOLUSI TEKNOLOGI adalah posisi tepat untuk menanggapi tuntutan yang berkembang dalam solusi data besar, dengan memberikan solusi pada Data Analytics, Business Intelligence, Data Center Infrastructure, Network Security, dan Storage Management.


PT. JUKE SOLUSI TEKNOLOGI memiliki visi untuk menjadi integrator Big Data Solutions terkemuka di Indonesia. Untuk mencapai visi itu, tentu terdapat beberapa misi pula yang harus dilaksanakan. Yakni, menjadi perusahaan terbaik di mana terdapat orang-orang bersemangat dapat berkolaborasi untuk membuat inovasi, menyediakan layanan kelas dunia terbaik melalui profesionalitas yang kompeten dan berorientasi pada layanan, dan meningkatkan nilai stakeholder.


Tugas Danang ialah menjadi pen-tester alias penguji sistem aplikasi (penetration test), dan di saat yang sama, ia menjadikan bug hunter sebagai pekerjaan sampingan. Namun, aktivitas mencari bug telah diniatkan olehnya untuk membiayai sertifikat dari OCSP (Offensive Security Certified Professional), di mana itu merupakan mimpi orang-orang yang menggeluti dunia sekuriti. Oleh karena itu, untuk mengambil sertifikasi, ia menyalurkan hasil kerja mencari bug untuk mendapatkan sertifikat bergengsi ini.


Danang Tri Atmaja sebagai IT Security Consultant di PT. JUKE SOLUSI TEKNOLOGI turut hadir dalam TECHMinar Kreen Indonesia berjudul Protecting Your Firm and Clients from Security Threats. Techminar ini akan diadakan pada tanggal 19 November 2020, pukul 13.30 - 15.30 WIB. Bersama Danang, akan membahas juga mengenai bagaimana perusahaan melindungi karyawan, pihak internal, maupun klien dari ancaman keamanan siber, tren cyber security dan insiden siberdi Indonesia, termasuk kendala dan solusinya. Jadi, jangan lupa daftarkan diri Anda sekarang!

Tag:

About Author

Get article insights sent directly to your inbox

By entering your email, you agree to receive this and other marketing content about ways Kreen can support your events. You may opt-out of future Kreen marketing emails at any time using the unsubscribe link within the email.