popular 1

Gili Trawangan: Hidden Gems In NTB

Event

04 Mei 2021

1156 views

Dunia sudah mengenal pesona bahari di Nusa Tenggara Barat yang tiada duanya, airnya yang jernih membuat mata siapa saja betah memandangnya. Namun tidak banyak yang tahu cerita sejarah di balik keindahan pulau Nusa Tenggara Barat, khususnya di Gili Trawangan.


Di Museum Nusa Tenggara Barat di kawasan Kota Mataram kita dapat menjelajahi budaya, sejarah, dan keadaan geografis wilayah Nusa Tenggara Barat. Museum ini juga disebut sebagai Museum Lombok. Memasuki museum, kita akan disambut oleh buaya muara sepanjangan 4,1 meter yang diawetkan dalam kotak kaca.


Lewat Museum Nusa Tenggara Barat kita akan mengenal flora dan fauna yang diperlihatkan melalui miniatur. Selain itu, adapun alat tenun tradisional serta berbagai motif tenun khas Lombok dan wilayah sekitarnya.


Berangkat dari kisah Nusa Tenggara Barat, mari mengenal cerita sejarah dari Gili Trawangan. Gili yang berarti pulau kecil, Gili Trawangan merupakan pulau paling besar di antara dua pulau lainnya, Gili Meno dan Gili Air. Dahulu pada masa penjajahan Gili Trawangan dijadikan sebagai lokasi penampungan narapidana.


Terjadi pemberontakan dari orang suku asli Lombok yang berniat untuk mempertahankan daerahnya, mereka adalah orang-orang Suku Sasak. Sebanyak 350 narapidana yang ditahan di Gili Trawangan merupakan orang suku asli Lombok.


Kemudian datanglah seorang dari suku kerajaan Mandar Balanipa (Sulawesi Selatan) bernama Wak Sona, yang selanjutnya hidup menetap di Desa Medana, Lombok Utara kemudian berpindah ke Gili Air bersama anak, cucu, serta keturunannya yang lain hingga menyebar ke Gili Trawangan.


Berawal dari kedatangan Wak Sona dan keturunannya, kini di Gili Trawangan terbentuk sebuah suku dan aturan tersendiri. Salah satunya adalah sanksi yang mengatur hukuman bagi pencuri. Diberlakukan bagi semua, tidak terkecuali bagi wisatawan, di Gili si pencuri akan diarak keliling pulau.


Wah jangan main-main ya SobatKreen! menghargai aturan dan budaya yang ada di lokasi wisata itu sangatlah penting.


Bukan hanya pesona bahari dan keindahan alam bawah lautnya. Di Gili Trawangan kita tidak akan mendengar bisingnya kendaraan bermotor dan polusi udara. Liburan di Gili Trawangan bisa memberikan kenyamanan dan keheningan yang jiwamu butuhkan setelah lelahnya bekerja dan beraktivitas di perkotaan.


Penduduknya ramah! percayalah berbaur dengan penduduk lokal akan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda. Lewat penduduk lokal kita akan belajar banyak hal, yang tidak akan pernah kita dapatkan ketika kita berada di Kota. Nggak percaya ? YUK! langsung cobain.


Dan ikuti Kreen Destination Series “Gili Trawangan: Hidden Gems In NTB” pada . Webinar ini akan dihadiri oleh seorang Public Relation of Wonderful Lombok, Manager Gili One Hotel & Resort, serta Putri Pariwisata Nusantara Intelegensia 2021.


Buruan daftar sekarang juga, jangan sampai ketinggalan.


Di Kreen Aja !

Tag:

About Author

Get article insights sent directly to your inbox

By entering your email, you agree to receive this and other marketing content about ways Kreen can support your events. You may opt-out of future Kreen marketing emails at any time using the unsubscribe link within the email.