popular 1

Inspiratif, UMKM Bangkit: Karya Noesantara Bagikan Sederet Tips UMKM Go Digital

Event

23 September 2020

360 views

Kamis, 16 Juli 2020 lalu, Smartcomputerindo bekerja sama dengan Kreen telah melangsungkan acara UMKM Bangkit: Karya Noesantara. Menggandeng perwakilan dari Forum UMKM RI, komunitas Sahabat UMKM, dan Brother Indonesia, event ini membagikan sederet tips bisnis bagi UMKM dalam ekosistem digital dan masa pandemi.

 

 

Data Kementerian Keuangan per Juni 2020 yang disampaikan Payan Prasetyo dari Forum UMKM RI menunjukkan pertumbuhan ekonomi secara global yang melambat pada 2020 hingga 2021. Dalam hal ini termasuk aspek impor dan ekspor. Semuanya merupakan imbas dari krisis COVID-19.

 

Meski begitu, rupanya para UMKM yang menjadi binaan komunitas Sahabat UMKM justru melihat hal ini sebagai peluang untuk berbenah. Hal ini disampaikan oleh Sandika Dewi, perwakilan dari forum tersebut. Semakin banyak UMKM yang terdorong memasuki ranah digital dan mereka bekerja sama untuk melakukan promosi satu sama lain secara bergantian.

 

Menurut Sandika, tantangan yang dihadapi UMKM saat ini adalah mindset. Menurutnya, banyak pelaku usaha masih menganggap UMKM sebagai sesuatu yang “kecil” dan ingin berjualan dalam zona nyaman. Padahal, kontribusi UMKM bagi pergerakan ekonomi nasional sangat besar.

 

Perempuan tersebut menambahkan bahwa kunci untuk bertahan dalam masa pandemi adalah inovasi. Inovasi tersebut dapat diterapkan melalui digitalisasi. Contohnya adalah melihat kembali tren pasar dan kebutuhan terkini konsumen sambil memperkaya skill. Inovasi, menurutnya tak harus menciptakan sesuatu yang baru secara orisinil, melainkan mengubah yang sudah ada. Misalnya cara pemasaran dan branding.

 

Ia menekankan pentingnya soft selling melalui konten saat memasarkan produk secara digital, terutama lewat media sosial. Menurutnya, content is a king, dan konsumen membutuhkan sesuatu yang menghibur, berisi sekaligus informatif lewat cara storytelling. Sebaliknya, pemasaran secara hard selling atau promosi terang-terangan tidak akan bisa menarik pengguna media sosial.

 

Slamet Ariyadi dari Brother Indonesia turut mengamini inovasi ini. Brand teknologi tersebut juga telah menyumbang kontribusi signifikan bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia. Misalnya lewat program toner management yang memudahkan pengusaha dalam kepemilikan printer. Ari sempat menjelaskan juga inovasi para pelaku UMKM garmen di daerah Subang. Mereka berhasil membuat packaging yang menarik, rapi, dan awet melalui label yang dibuat dari printer Brother Indonesia. 

 

Sutardi Huang dari Smartcomputerindo menjelaskan pentingnya menekankan kesehatan saat berjualan di era pandemi. Ketika bekerjasama dengan pihak luar, pastikan strategi yang dipakai memperhatikan kesehatan konsumen. Selain itu, jangan sampai kualitas produk menurun. Menurutnya, hal ini akan menciptakan Word of Mouth dengan sendirinya jika produk dan layanan kita terjaga. 

Tag:

About Author

Get article insights sent directly to your inbox

By entering your email, you agree to receive this and other marketing content about ways Kreen can support your events. You may opt-out of future Kreen marketing emails at any time using the unsubscribe link within the email.