popular 1

Mandalika: The Next Ecotourism Destination, Kesatuan Antara Alam, Manusia dan Budaya

Event

20 November 2020

29 views

Mandalika terletak pada Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Mandalika sendiri berasal dari nama seorang tokoh legenda, yaitu Putri Mandalika yang terkenal dengan parasnya yang molek.

             Setiap tahun, warga Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, atau ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Perayaan ini dilihat sebagai budaya yang unik sehingga mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional.

             Melalui Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus, Mandalika ditetapkan sebagai KEK. Regulasi ini merupakan amanat dari Undang-Undang No. 39 Tahun 2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus.

             Merujuk pada Pasal 4 Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2014, pengembangan KEK Mandalika difokuskan pada kegiatan utama di zona pariwisata. Ekowisata adalah suatu bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian area yang masih alami (natural area), memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat.

             Ekowisata di Mandalika merujuk pada alam, manusia dan budaya. Alam yang dimiliki oleh Mandalika bisa dijadikan wisata alam yang menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sedangkan manusia merujuk pada masyarakat di Mandalika itu sendiri.

             Masyarakat di Mandalika yang masih melestarikan kebudayaan mereka. Sehingga, kebudayaan mereka menjadi kunci dalam menarik wisatawan ke Mandalika. Budaya ini dapat dilihat dari salah satu desa yang ada di Mandalika, yakni Desa Adat Sade.

             Desa Adat Sade masih kental akan budaya mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk bangunan di Desa Adat Sade. Mereka masih mempertahankan bentuk bangunan adat yang atapnya dari jerami. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tag:

About Author

Get article insights sent directly to your inbox

By entering your email, you agree to receive this and other marketing content about ways Kreen can support your events. You may opt-out of future Kreen marketing emails at any time using the unsubscribe link within the email.