popular 1

Remake Film Train To Busan, Sutradara Asal Indonesia Tembus Industri Film Dunia

Event

21 Februari 2021

591 views

Bukan cerita baru jika dikatakan industri perfilman Indonesia lekat dengan genre horor. Film Indonesia bernuansa horor pertama lahir pada tahun 1934 dengan judul Doea Siloeman Oeler Poeti En Item yang disutradarai oleh Then Teng Chun. Sempat hilang dari muka publik, film bergenre horor kembali mengemuka di tahun 1971 hingga saat ini.


Pengalaman membuat para sineas industri perfilman Indonesia terus belajar hal-hal baru untuk menghasilkan karya yang lebih fresh bagi penikmat film. Tidak ketinggalan, teknologi Computer Generated Imagery (CGI) juga diandalkan untuk menghasilkan efek dan nuansa yang diinginkan.


Film-film di Indonesia yang memanfaatkan teknologi CGI di antaranya Garuda Superhero (2014), Comic 8: Casino Kings Part 2 (2016), Bumi Manusia (2019), hingga film Ambu yang mengambil Baduy Luar sebagai lokasi shooting juga memanfaatkan teknologi CGI untuk scene tertentu.


Perjalanan panjang yang ditempuh oleh sineas-sineas Indonesia membuat karyanya mulai diakui oleh industri perfilman dunia. Aktris dan aktor Indonesia seperti Joe Taslim, Iko Uwais, Cinta Laura, hingga Christine Hakim dan Ray Sahetapy yang telah lebih dulu masuk ke industri film Hollywood.

Kini giliran Sutradara Timo Tjahjanto yang dipercaya oleh industri perfilman terbesar di dunia itu untuk membuat ulang (remake) film Train To Busan asal Korea Selatan ke versi Hollywood.


Lalu, siapakah sebenarnya Sutradara Timo Tjahjanto ?


  1. Sutradara Film Sebelum Iblis Menjemput

Film horor berkualitas tinggi ini membawa wajah baru bagi film bergenre horor di Indonesia. Sejak masih digarap pun film besutan Sutradara Timo Tjahjanto ini telah mendapatkan tuntutan dari penonton untuk menghasilkan film horor berkualitas.


Tidak main-main, pada tahun 2018 film Sebelum Iblis Menjemput telah berhasil menjemput 1.004.004 jiwa untuk datang ke bioskop hingga dikategorikan sebagai film terlaris sepanjang tahun 2018. Sampai saat ini film Sebelum Iblis Menjemput masih terus ditonton melalui platform streaming.


Tahun 2020 kembali menjadi arena bagi film Sebelum Iblis Menjemput (Ayat 2) untuk memberi ketegangan bagi penikmat film Indonesia. Dilansir dari CNN Indonesia, Timo Tjahjanto benar-benar menyuguhkan hal yang lebih liar dan gila dalam film sekuelnya ini.


  1. The Mo Brothers

Menempuh pendidikan di School of Arts Visual di Australia pada tahun 2002, Timo Tjahjanto bertemu dengan Kimo Stamboel dan melahirkan nama The Mo Brothers sebagai nama panggung dari duet keduanya dalam industri perfilman Indonesia.


Pada tahun 2010, duet maut diantara keduanya melahirkan Rumah Dara sebagai karya yang menuai respon positif dari penikmat film di Indonesia. Rumah Dara pun mendapat sambutan hangat dari dunia film internasional, terlihat dari penghargaan yang diterimanya, salah satunya dalam International Horror and Sci-Fi Film Festival of Phoenix di Arizona dalam kategori film pendek internasional terbaik.


Sebelum melahirkan film Rumah Dara, pada tahun 2004, The Mo Brothers telah memproduksi film horor indie berjudul “Bunian”. Film duet pertama Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel ini hanya bermodalkan handycam dan hanya shooting di saat weekend.


Kini saatnya kita menantikan karya Sutradara Timo Tjahjanto untuk membuat ulang film Train To Busan ke versi Hollywood. Menuai respon kecewa dari penggemar film Train To Busan, dilansir dari Kompas.com, Timo Tjahjanto tidak berniat untuk menyaingi film asli yang telah menembus box office internasional.


Film remake dari film bergenre thriller ini akan diproduksi oleh Timo Tjahjanto bersama New Line Cinema. Tidak ingin berekspektasi lebih tinggi, saat ini Timo Tjahjanto tengah fokus mengembangkan cerita untuk film remake Train To Busan bersama penulis naskah, Gary Dauberman.


Train To Busan versi Hollywood yang akan digarap oleh Timo Tjahjanto dipastikan akan menggunakan kategori dewasa. Mari bersama kita dukung karya anak bangsa yang pasti akan mengharumkan nama Indonesia.

Tag:

About Author

Get article insights sent directly to your inbox

By entering your email, you agree to receive this and other marketing content about ways Kreen can support your events. You may opt-out of future Kreen marketing emails at any time using the unsubscribe link within the email.