Ingin Beli Smartphone atau Tablet? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut!

November 15, 2021

  • 2 min read
  • Business

K
  • Kreen
  • Copywriter

Share

Memasuki tahun baru, Anda mungkin memiliki rencana untuk membeli tablet atau ponsel baru. Mana perangkat yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda? Melansir TechRadar dan Archisnapper, simak pertimbangan-pertimbangan di bawah ini sebelum membeli smartphone atau tablet!

Mobilitas yang Dibutuhkan

LinkedIn Sales Navigator/Unsplash

 

Tablet dan smartphone yang dijual di pasaran memiliki kecenderungan ukuran yang umum. Rat-rata tablet berukuran lebih besar dari ponsel pintar. Untuk itulah, Anda sebaiknya mempertimbangkan mobilitas Anda sehari-hari sebelum menentukan perangkat yang paling cocok.

 

Apakah sehari-hari Anda akan bepergian dengan briefcase, dompet, atau tas komputer? Bila tak terlalu terbiasa membawa atau memakai tas berukuran cukup besar, ponsel pintar adalah pilihan terbaik. Pasalnya, ponsel memiliki ukuran yang cocok dimasukkan saku sekalipun. Sementara, rata-rata tablet akan membutuhkan tas tambahan.

Proyek yang Dikerjakan

Mauro Lima/Unsplash

 

Anda mungkin membeli tablet atau ponsel pintar baru untuk bekerja atau mendukung aktivitas yang sedang Anda garap.

 

Apakah aktivitas komputasi yang Anda lakukan berhubungan dengan kreativitas tinggi? Misalnya dalam bidang fotografi dan videografi. Anda bisa memilih ponsel pintar untuk creator, namun perhatikan juga spek built-in camera dan microphone yang dimiliki untuk memperoleh kualitas maksimal. Cari tahu sedetail mungkin mengenai optik kamera dan fitur image processing yang dimiliki ponsel tersebut.

 

Dalam proses shooting, Anda juga mungkin akan mempertimbangkan mobilitas dalam mengambil shot sulit seperti live action atau panning. Hal ini dapat diakomodasi oleh rata-rata smartphone yang lebih mudah digerakkan dan memiliki steady feature ketimbang tablet.

 

Namun, perlu dilihat juga apabila Anda lebih banyak mengambil video High Definition yang berukuran besar, smartphone seringkali tak mampu menangani tipe file size tersebut. Selain itu, perhatikan juga durasi Anda bekerja. 

 

Tablet mampu bekerja dengan baik dalam jangka waktu lebih lama dari smartphone. Ketika bicara soal mengedit foto dan video dari sebuah proyek, tablet adalah perangkat yang tepat karena visibilitas konten lebih baik. 

 

Tablet juga memudahkan penggunanya dalam berinteraksi dengan konten, terutama dalam melihat dokumen, draft, dan aktivitas seperti menggambar. Membaca dan menulis konten akan terasa lebih nyaman melalui interface luas yang dimiliki tablet.

Kondisi Saat Bekerja/Beraktivitas

Kelly Sikkema/Unsplash

 

Kondisi saat bekerja atau beraktivitas dengan perangkat juga menentukan perangkat apa yang tepat untuk Anda. 

 

Apakah Anda banyak bekerja di bawah sinar matahari atau siang hari? Pada umumnya, kecerahan smartphone tak mampu memfasilitasi hal ini. Meski telah diatur dalam mode full brightness, kebanyakan ponsel pintar akan membuat Anda kesulitan melihat layar. Tambah lagi, memakai mode full brightness akan menguras baterai ponsel Anda. 

 

Meningkatnya work from home membuat Anda menyesuaikan diri dengan pola kerja baru dengan tambahan aktivitas rumahan. Beberapa pekerja yang memiliki anak mungkin akan mempertimbangkan untuk membeli tablet. Banyak tablet telah memiliki mode ramah anak. Ukuran tablet pun akan memudahkan pemantauan perangkat sehingga Anda tak akan kesulitan saat anak meletakannya di sembarang tempat.

 

Metode Komunikasi yang Anda Sukai

Hassan Ouajbir/Unsplash

 

Setiap orang punya cara berkomunikasi yang berbeda. Apakah Anda tipe yang lebih suka memakai teks? Atau telepon? Atau Anda lebih memilih telepon dengan tambahan visual untuk merasakan “kedekatan” seperti saat bertatap muka?

 

Tablet sangat baik untuk video conferencing. Meletakkan tablet di meja saat panggilan video akan membuat Anda tampak profesional saat melakukan panggilan bisnis dengan klien, ketimbang jika Anda memakai smartphone.

 

Namun, jika Anda memilih untuk melakukan panggilan telepon biasa, tablet mungkin sedikit menyulitkan karena ukurannya tak sesuai dengan genggaman tangan. Anda dapat memakai headset, namun tetap saja panggilan jenis ini terasa tak ideal jika dilakukan dengan tablet.

 

Bila Anda lebih banyak memakai teks dan pesan singkat, smartphone adalah perangkat yang paling tepat.

 

Sudah menentukan pilihan perangkat tahun 2021? Anda bisa melihat-lihat kategori yang sesuai dengan budget Anda di laman Smartcomputerindo.

 

Smartcomputerindo adalah penyedia perangkat kantor dan IT terlengkap yang juga menghadirkan perangkat untuk pribadi dari brand-brand terkemuka seperti Apple, Samsung, ASUS, Lenovo, dan Oppo. Melalui lebih dari 10 kantor cabang di seluruh Indonesia, Anda akan mendapat layanan instalasi gratis dan customer service yang siap sedia dan layanan purna-jual yang lengkap.

 

Kunjungi katalog online smartphone dan tablet kami sekarang di sini!

 

Sumber

https://www.entrepreneur.com/article/224144

https://blog.archisnapper.com/do-you-need-a-tablet-smartphone-or-both/

 

Was this article helpful?

Related Articles