Cara Mengatasi Memori Penuh pada HP

November 15, 2021

  • 3 min read
  • Technology

K
  • Kreen
  • Copywriter

Share

Sebagian besar orang memilih beraktivitas dengan ponsel selama melakukan karantina mandiri di rumah. Tak heran jika problem pada ponsel android mulai muncul seiring dengan penambahan durasi pemakaian, misalnya soal memori. Berikut cara mengatasi memori penuh pada HP!

  1. Hapus file tak terpakai

freepik

 

Untuk meningkatkan kinerja ponsel dan mengurangi memori, cara paling dasar adalah menghapus file Anda. Kadang kita lupa menghapus screenshot yang tak terpakai. Kebiasaan tersebut berulang hingga ratusan bahkan ribuan screenshot yang sebetulnya tak akan Anda buka lagi.

 

Pengaturan pada media sosial juga sangat berpengaruh. Beberapa media sosial, terutama aplikasi percakapan kadang diatur untuk melakukan penyimpanan file secara otomatis. Periksalah aplikasi-aplikasi percakapan pada ponsel Anda. Pilah-pilah lagi mana yang sekiranya tak perlu dipakai untuk menyimpan file dari chat pengguna lain. Pasalnya, rekaman suara, foto, hingga video dari grup Anda akan otomatis terdownload ke memori internal. Hal ini bisa menyebabkan memori cepat penuh. 

 

  1. Hapus Sampah dari Aplikasi

Creativeart/freepik

 

Sampah lain yang perlu dibersihkan dari memori adalah sampah dari aplikasi. Ada beberapa jenis “sampah” yang dihasilkan aplikasi ponsel. Sebut saja cache, cookie, sampah sisa aplikasi dari penggunaan online maupun offline.

 

Cache ini adalah file yang otomatis disimpan pada aplikasi atau browser. Tujuannya agar tampilan web atau aplikasi muncul lebih cepat ketika Anda membukanya untuk kedua kali. Sayangnya, seluruh file ini bisa memberatkan kerja memori Anda. Ketika Anda membuka web atau aplikasi yang memuat banyak gambar, seluruh gambar tersebut akan tersimpan dalam folder cache. Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi. 

 

Untuk membersihkan cache pada web browser, Anda bisa membuka pilihan history atau clear browsing data. Anda bisa memilih untuk menghapus riwayat pencarian saja atau sampah cache dan cookies. Sedangkan cache pada aplikasi bisa dibersihkan lewat storage atau manajemen aplikasi dengan membuka menu cache pada setiap list aplikasi.

 

Yang dimaksud file sisa online adalah ketika Anda membuka suatu aplikasi dan meninggalkan jejak dalam folder. Misal pada aplikasi berbagi data seperti ShareIt yang akan menyimpan data yang diterima berupa mentahan file apk pada folder apps. Pada sisi lain, sisa aplikasi dalam mode offline maksudnya adalah sampah dari jenis aplikasi yang bisa mendownload file untuk diputar dalam mode offline. Sebut saja aplikasi pemutar musik seperti Joox atau Spotify, atau aplikasi video misal YouTube. Mengatasi sampah-sampah pada aplikasi ini termasuk cara mengatasi memori penuh pada HP yang cukup efektif.

 

  1. Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel

Pixabay/Pexels

 

Setiap brand smartphone umumnya memberikan aplikasi buatan mereka sendiri dalam ponsel tersebut. Aplikasi ini dinamai bloatware. Pada kenyataannya, tak semua aplikasi itu berguna atau sesuai dengan preferensi Anda. Seringkali, aplikasi tersebut hanya menganggur atau jadi pajangan karena tak pernah Anda akses sama sekali. Memilah yang penting, lalu mendisable atau menghapusnya bisa menjadi salah satu cara mengatasi memori penuh pada HP.

 

  1. Menambah Kapasitas dengan Tambahan Memori

Freepik

 

Bila ternyata memori internal bawaan tak cukup memenuhi kebutuhanmu, beralihlah pada slot memori tambahan. Memori tambahan ini biasa disebut memori eksternal. Setelah ada memori tambahan ini, Anda bisa mengatur external memory card sebagai default write disk

 

Hal ini dapat mengantisipasi memori internal yang penuh karena penyimpanan utama secara otomatis dialihkan pada memori eksternal. Caranya dengan memasuki setting, memilih menu storage & USB, lalu klik pada menu SD Card. Pada bagian bawah akan tersedia pilihan “default write disk.”

  1. Menggunakan USB On The Go

Sara Kurfeb/Unsplash

 

Sayangnya, tak semua ponsel menyediakan slot untuk memori eksternal. Selain itu, kekurangan lainnya adalah kesulitan yang menanti jika akan berganti ponsel. Seringkali, memori eksternal tak terbaca pada HP baru Anda karena telah disetel sebagai penyimpanan lokal di HP lama. 

 

Kalau sudah begini, cara mengatasi memori penuh pada HP lainnya adalah menggunakan USB On-The-Go alias OTG. USB ini seperti flashdisk pada umumnya, namun produk ini bisa dengan mudah memindahkan data dari ponsel ke personal computer atau laptop. USB ini juga memudahkan menyimpan data-data pekerjaan karena bisa dibawa ke manapun.

 

Salah satu USB OTG yang bisa dijadikan pilihan adalah Strontium Nitro OTG USB 3.0 flash drive 16GB. Perangkat ini punya dua jenis konektor yani dual micro-B untuk ponsel dan standard type A USB 3.0 Connector yang berfungsi untuk disambungkan pada port laptop atau PC.

 

smartcomputerindo.com

 

USB ini sangat cocok untuk menyimpan data personal maupun pekerjaan. Tak akan membuang banyak waktu, kecepatan readnya mencapai 100 MB/S dan writenya 60MB/s. Angka ini 15 kali lebih cepat ketimbang standar OTG 2.0 lainnya. Perangkat ini tentu sangat dibutuhkan bagi pebisnis dengan mobilitas tinggi atau pengguna ponsel yang tak memiliki kapasitas memori eksternal.

 

Strontium Nitro OTG USB 3.0 flash drive 16 GB tersedia di Smartcomputerindo, penyedia perkakas kantor dan IT terlengkap. Jangan tunggu lama-lama, USB OTG ini bisa didapatkan dengan harga jauh lebih murah, yakni seharga Rp 99.999 dari harga normal Rp 135.000. Dapatkan sekarang sebelum periode diskon terlewat di smartcomputerindo.com!

 

Sumber

https://id.priceprice.com/harga-hp/news/Tips-HP-Memori-Penuh-9183/

https://www.wahanarupa.com/mengatasi-memori-hp-penuh/

https://www.idntimes.com/tech/gadget/izza-namira-1/kerugian-memakai-sd-card-di-smartphone-android

Was this article helpful?

Related Articles