Cara Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan saat COVID-19

November 15, 2021

  • 2 min read
  • Business

K
  • Kreen
  • Copywriter

Share

Tak dapat dipungkiri, pandemi menciptakan ketakutan dan kekhawatiran baru bagi sebagian besar orang. Termasuk, kewaspadaan yang lebih tinggi dalam memilih suatu produk. Untuk itu, pebisnis perlu menerapkan beberapa strategi untuk menjaga kesetiaan konsumen. Ini deretan cara mendapatkan kepercayaan pelanggan saat COVID-19 yang bisa Anda coba!

 

  1. Fokus pada Kebutuhan Pelanggan dan Strategi Empati

Johan Godinez/Unsplash

 

Menurut survei Marketing Dive, sebanyak 56 persen konsumen lebih setia pada produk yang memiliki empati pada berbagai konsumennya.Tampak jelas bagaimana empati dapat berguna sebagai cara mendapatkan kepercayaan pelanggan saat COVID-19. Lantas, cara apa yang diperlukan dalam membangun empati saat berbisnis? Pertama, kejujuran. 

Cara paling sederhana adalah memperlihatkan kondisi bisnis pada konsumen. Hal ini akan meningkatkan engagement mereka. Perlihatkan workflow dalam produksi, prosedur kesehatan, hingga kondisi karyawan. Variasi lain juga bisa dilakukan dengan memperlihatkan kondisi bisnis saat momentum perkenalan produk baru.

Kedua, komunikasi. Tak kenal, maka tak sayang. Terhubunglah dengan konsumen sebanyak mungkin. Tanyakan kabar mereka, berikan informasi seputar perusahaan mulai dari promosi hingga kampanye. Buat pesan sesederhana mungkin namun terasa personal. 

 

Fokuskan layanan dan produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Caranya? Memanfaatkan data untuk menawarkan informasi yang lebih spesifik sesuai preferensi dan perilaku pelanggan. Banyak tools yang bisa dipakai, contohnya survei online. Buat kampanye dengan konten-konten yang share-able memakai iklan yang spesifik dan personal, bahkan komedi satir yang menggelitik.

 

Ketiga, berikan nilai tambah bagi pelanggan setelah mengakses produk Anda. Beri tanggapan dari beragam konten yang telah diunggah. Beri respon yang baik melalui customer service yang fast respond dan ramah. Libatkan konsumen dengan membuat event crowdsourcing serta menampung saran dari mereka. Berikan hadiah kecil untuk memberikan hiburan di tengah pandemi. Tingkatkan layanan purna-jual, garansi, dan metode pembayaran yang lebih fleksibel.

  1. Menciptakan Branding yang Kuat

Nathan Dumlao/Unsplash

 

Definisi Branding secara sederhana adalah upaya brand untuk lebih melekat, dikenal, dan diingat oleh konsumennya. Branding sangat penting sebagai salah satu cara mendapatkan kepercayaan pelanggan saat COVID-19 melanda.

 

Loyalitas UMKM maupun sebuah brand yang makin tinggi di mata konsumennya akan membuat mereka betah dan setia pada usaha tersebut. Pakai media yang bersifat personal misalnya WhatsApp dan email. Buat interaksi seolah sedang berkomunikasi secara face-to-face. Selain itu, branding juga bisa diterapkan dalam packaging

 

Anda perlu sesuatu yang spesial dan unik sehingga tak mudah ditiru. UMKM juga harus menggabungkan tujuan mereka dengan passion. Bangun brand dengan cerita, tak hanya fokus ke promosi tapi juga menceritakan hal-hal di sekitar produk untuk memperoleh kepercayaan konsumen. Itulah salah satu strategi branding sebagai cara mendapatkan kepercayaan pelanggan saat COVID-19.

  1. Berjualan secara Etis

Blake Wisz/Unsplash

 

Harga tentu menjadi pertimbangan besar bagi banyak orang sebelum memutuskan membeli suatu produk. Salah satu cara mendapatkan kepercayaan pelanggan saat COVID-19 adalah menjual barang dengan harga normal. Banyak konsumen justru merasa kesal dan tidak respek ketika penjual terlalu memanfaatkan momentum seiring dengan kenaikan permintaan. Tidak menaikkan arga di atas pasar juga menunjukkan komitmen usaha untuk membantu dan memahami kondisi ekonomi konsumen di saat krisis.

 

Sudah siap berbisnis di tengah pandemi? Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda tak akan mudah kehilangan pelanggan.

 

Sumber

 

https://www.suara.com/bisnis/2020/07/02/130516/ibf-2020-tips-agar-ukm-bangkit-di-tengah-pandemi-covid-19?page=2

https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200716/52/1266844/pandemi-mengubah-hubungan-bisnis-dengan-pelanggan-untuk-selamanya

https://akurat.co/ekonomi/id-1172068-read-tingkatkan-loyalitas-konsumen-ini-5-cara-jitu-gunakan-marketing-berbasis-empati-nbsp

https://money.kompas.com/read/2020/04/16/183200326/3-tips-mendapatkan-kepercayaan-konsumen-di-tengah-pandemi-covid-19

https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200501/52/1235390/5-tips-meningkatkan-hubungan-dengan-pelanggan-di-masa-pandemi

https://books.google.co.id/books?id=fKjsDwAAQBAJ&pg=PA227&dq=kepercayaan+pelanggan+covid-19&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiEgeW2_OzqAhXaZCsKHafmAw4Q6AEwBHoECAQQAg#v=onepage&q=kepercayaan%20pelanggan%20covid-19&f=false

Was this article helpful?

Related Articles