Kembali ke Masa Lalu dengan Berwisata Sejarah di Sulawesi

October 05, 2021

  • 1 min read
  • Business

K
  • Kreen
  • Copywriter

Share

Sebagai salah satu pulau terbesar keempat di Indonesia, Sulawesi dikenal dengan destinasi wisata pantainya yang indah, SoDest. Namun, Sulawesi juga memiliki destinasi sejarah, di mana Sulawesi menjadi saksi perjuangan Indonesia melawan penjajah Belanda. Untuk menyelami saksi sejarah tersebut, yuk  kita kembali ke masa lalu dengan berwisata sejarah di Sulawesi!

  1. Gua Liangkabori Muna

Asyiknya di Situs Sejarah Goa Kobori | Pariwisata Indonesia

Gua Liangkabori Muna yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara ini, merupakan saksi bisu perjuangan para leluhur, dengan keunikannya pada dinding gua. Di mana, terdapat lukisan-lukisan yang terbuat dari tanah yang dicampur dengan getah pohon. Karena kealamiannya itulah, gua ini sudah menjadi situs wisata sejarah yang dilindungi oleh pemerintah setempat, dan terdaftar di Cagar Budaya Nasional tahun 2017.

  1. Benteng Fort Rotterdam

Koleksi Foto Benteng Fort Rotterdam-Makassar-Indonesia | Makassar, Tempat,  Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam adalah peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa kesembilan. Sebelum dikuasai oleh Pemerintah Belanda, Benteng Fort Rotterdam yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini, bernama Benteng Ujung Pandang. Yang kemudian digunakan oleh Belanda untuk tempat penampungan rempah-rempah. Di dalam benteng ini, SoDest bisa melihat sekitar 5000 koleksi benda bersejarah dan sebuah ruang tahanan kecil yang pernah ditempati oleh Paangeran Diponegoro ketika dirinya dijebak oleh Belanda saat mengikuti perundingan damai.

  1. Museum Negeri Sulawesi Utara

Sistem Registrasi Museum Kemdikbud

Tepat di Kota Manado, Museum Negeri Sulawesi Utara menyimpan aneka kebudayaan, sejarah, dan pengetahuan alam di Manado. Seperti boneka yang berpakaian adat Sasak, Mbojo, dan Samawa; beberapa peralatan pada zaman dahulu, peralatan masak, bercocok tanam, dan melaut; berbagai senjata sebagai pelengkap upacara adat; hingga catatan sejarah mengenai Lombok yang dituliskan pada daun lontar, dan dokumen sejarah yang berisi perjanjian antara sultan dan Belanda.

  1. Lembah Bada

Lembah Bada - Menarik Perhatian Dunia, Patung Megalitik di Sini Masih Jadi  Teka-teki - Tribun Travel

Sebagai salah satu tempat keberadaan situs megalitik tertua yang ada di Indonesia, Lembah Bada yang berada di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah ini, memiliki sejuta misteri yang belum terpecahkan, baik itu tentang sejarah awalnya, serta tujuan pembuatan situs tersebut. Karena posisi lembah ini pun dikelilingi oleh pegunungan, dengan lembahnya yang cukup datar namun dipenuhi pemandangan alam yang menawan, itulah kenapa disebut dengan Lembah Bada. 

  1. Museum Mandar

C:\Users\abraham\Pictures\Museum-Mandar-Majene-Sulawesi-Barat-Sulbar.jpg

Berada di Majene, Sulawesi Barat, Museum Bandar memiliki lebih dari 1000 koleksi benda bersejarah, yang meliputi koleksi geologi, geografi, biologi, arkeologi, seni rupa hingga teknologi, seperti alat perang dari Kerajaan Mandar pertama hingga akhir. Dibangun sejak zaman kolonial Belanda, museum ini pun menjadi satu-satunya museum di Sulawesi Barat.

Itulah lima destinasi wisata sejarah di Sulawesi yang patut kamu kunjungi, untuk mengetahui bagaimana cerita masa lalu di Indonesia saat masa penjajahan. Buat SoDestKreen yang ingin mengetahui lebih jauh tentang wisata di Sulawesi, bisa ikuti webinar Kreen Destination Series “Sulawesi: Power Beyond the Coastline” dengan mendaftar di aplikasi KREEN secara gratis! Klink link di bawah ini untuk download aplikasinya ya …

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kreen.android.app

Source:

idntimes.com

kendariaktual.com

dolandolen.com

sulbarkita.com

nativeindonesia.com

pariwisataindonesia.id

id.pinterest.com

museum.kemdikbud.go.id

travel.tribunnews.com

sulbar.tribunnews.com

 

Writer: Istiana Fauzi

 

Was this article helpful?

Related Articles