4 Destinasi Wisata Edukasi di Balikpapan dan Tempat Menginap

October 14, 2021

  • 1 min read
  • Business

K
  • Kreen
  • Copywriter

Share

Berada di Pulau Kalimantan di bagian timur dan berposisi di tepian selat Makassar, Balikpapan dikelilingi oleh laut dan juga hutan. Banyak destinasi wisata alam, selain menyuguhkan panorama indahnya, juga menjadi edukasi bagi para wisatawan. Inilah 4 destinasi wisata edukasi di Balikpapan dan tempat menginap yang bisa jadi rekomendasi kamu bila berkunjung ke kota tersebut:

  1. Wisata Edukasi Kang Bejo

Pemerintah Kota Balikpapan

Wisata Edukasi Kang Bejo yang berada di tengah Kota Balikpapan, diambil dari kata kangkung dan Sumber Rejo, yang memang letak tempatnya berlokasi di RT 40, Kelurahan Sumber Rejo. Dengan konsep wisata edukasi, SoDest berkesempatan langsung untuk belajar menanam, memanen, bahkan menikmati langsung kangkung tersebut. Itulah kenapa disebut juga dengan Kampung Kangkung. Tak hanya kangkung, SoDest juga bisa belajar tentang tanaman herbal seperti jahe Balikpapan, hingga tanaman hidroponik.

  1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain

Berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta atau tepatnya 15 kilometer dari Kota Balikpapan, Hutan Lindung Sungai Wain merupakan tempat wisata alam yang masih sangat natural dan cagar pelindung yang dilindungi oleh pemerintah. Terdapat hewan-hewan khas endemik Kalimantan Timur yang bisa kamu lihat bila beruntung. Dahulu, hutan lindung ini hanya diperuntukkan bagi peneliti yang akan meneliti flora dan fauna yang terdapat di hutan lindung. Namun saat ini, mulai membuka diri untuk wisata edukasi dan ekowisata. Di mana, kamu bisa melakukan birdwatching, kemah, dan tracking.

  1. Mangrove Center Graha Indah

Hutan Mangrove Center, Wisata Edukasi di Balikpapan - Travel Tempo.co

Mangrove Center Graha Indah merupakan wisata alam yang dimulai oleh kelompok masyarakat di Graha Indah. Dengan pelopor utamanya, yaitu Bapak Agus Bei. Beliau terinspirasi untuk menanam pohon mangrove sejak tahun 2001, dari embusan angin dan pasang surut air di depan rumahnya. Di sini, SoDest bisa mengelilingi hutan mangrove dengan menggunakan sampan yang disewakan oleh warga setempat.

  1. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

C:\Users\abraham\Pictures\Agrowisata-Beruang-Madu-Balikpapan.jpg

Terletak 23 kilometer di sebelah utara Kota Balikpapan, KWPLH menjadi tempat konservasi sekaligus wisata edukasi beruang madu yang menjadi maskot kota tersebut, yang diperkenalkan pada tahun 2002. Beruang madu ini dianggap memiliki kehidupan untuk kedua kalinya, karena beruang madu di tempat ini ada yang mengalami cacat fisik, akibat perdagangan ilegal atau bahkan disiksa oleh pemilik sebelumnya. Tidak hanya beruang madu, kucing dan anjing yang juga ditelantarkan oleh pemiliknya atau berkeliaran tanpa pemilik, juga diselamatkan oleh KWLPH. Selain menjelaskan tentang beruang madu, KLWPH juga menghadirkan informasi mengenai perawatan hewan piaraan masyarakat.

Grand Jatra Hotel Balikpapan | Business hotel in Balikpapan, East Kalimantan

Buat SoDestKreen yang ingin berwisata edukasi di keempat destinasi tersebut, yang tidak cukup hanya sehari saja. SoDest bisa beristirahat dengan menginap di JATRA Hotels & Resorts yang dikenal dengan kamar hotelnya yang paling luas di Balikpapan. Hotel tersebut pun juga terkoneksi langsung dengan waterpark terbesar dan tertinggi di Balikpapan, yaitu Aquaboom Waterpark, dan mal terbesar di Balikpapan, yaitu EWalk Mall. Untuk mendapatkan informasi tentang destinasi di Indonesia lainnya, download aplikasi Kreen di Play Store, atau klik link di bawah ini ya …

 https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kreen.android.app

 

Source:

Presentasi webinar Kreen Destination Series “Uncovering Tourist Attraction in the Land of Oil and Gas” Farah Hoogervorst (Wakil I Duta Wisata Balikpapan) & Primas Gigih Prihanta (Public Relations Manager, Astara Hotel Balikpapan)

www.beruangmadu.org

www.mongabay.co.id

kaltim.tribunnews.com

web.balikpapan.go.id

triptrus.com

travel.tempo.co

celebes.co

jatrahotels.com

 

Was this article helpful?

Related Articles